Cara Ampuh Membuat Lovebird Betina Cepat Bertelur

Cara Ampuh Membuat Lovebird Betina Cepat Bertelur- Lovebird atau sering juga disebut burung cinta, merupakan burung yang berasal dari Afrika dan merupakan salah satu anggota burung paruh bengkok dari keluarga Psittacidae. Di Indonesia, Lovebird ini sudah banyak yang membudidayakannya, terutama di pulau Jawa, Bali, dan Sumatera. Penangkarannya terus meluas hingga ke berbagai kota dan daerah. Merawat burung sejenis lovebird itu gampang-gampang susah, bagi Anda yang sedang mengembangbiakan burung pasti tahu bagaimana cara membuat sang betina mau bertelur. Akan tetapi ada saatnya dimana birahi betina turun, hal ini yang akan mempengaruhi lamanya proses pengembangbiakan.

http://miefbird.blogspot.com/2016/03/cara-membuat-lovebird-cepat-bertelur.html
Cara Ampuh Membuat Lovebird Betina Cepat Bertelur
Untuk mengatasi ini sebaiknya Anda memberikan makanan yang berfungsi untuk merangsang birahi betina agar kembali meninggi, dan Lovebird yang ditangangkarkan akan berproduksi dengan baik dan menghasilkan keturunan yang berkualitas.  Langsung saja simak ulasan tentang makanan dibawah ini:

a. Kangkung
b. Biji bunga matahari
c. Jagung muda

Makanan di atas memang dipercaya ampuh untuk meningkatkan birahi lovebird. Namun selain meningkatkan birahi betina, Anda juga harus membuat sang betina nyaman dan siap untuk bertelur. Lalu bagaimana caranya untuk membuatnya nyaman? Berikut ulasannya.

Cara Membuat Betina Mau untuk Bertelur

Selain membuat birahi betina meningkat, ternyata ada hal lain yang harus Anda lakukan untuk membuat betina mau dan siap untuk bertelur penyebab lovebird sulit bertelur. Nah adapun cara-cara tersebut adalah:

1. Tempatkan pasangan lain pada suatu tempat yang sama

Anda bisa meletakan burung yang sedang mengerami telur di dekat indukan betina yang belum bertelur. Kenapa hal ini dilakukan? Tujuannya untuk memancing indukan tersebut agar mau untuk bertelur, suara erangan dari betina yang sedang mengerami telur akan membuat betina yang belum bertelur menjadi ingin bertelur. Akan tetapi perlu Anda ingat, jangan satukan kedua pasangan ini dalam satu sangkar yang sama.

2. Gunakanlah lampu full spektrum

Lampu ini akan mempercepat proses bertelur si betina, kenapa demikian? Karena lampu ini memiliki suhu warna sekitar 5500, jadi bisa dibilang sangat tenang dan sejuk untuk proses bertelur. Sebaiknya selalu gunakan lampu full spektrum di kandang lovebird, dengan tujuan agar sang betina mau untuk bertelur dengan kondisi yang nyaman. Jika perlu Anda juga bisa menggunakan timer pada lampu tersebut, agar jika malam hari lampu tersebut mati dan burung Anda pun lebih nyaman untuk beristirahat.

3. Atur menu makanan

Jika Anda ingin sang betina cepat bertelur maka gantilah menu makanannya dengan menu makanan yang dapat merangsang proses bertelur. Makanan tersebut bisa berupa tauge, kangkung, kwaci. Jagung muda, atau tulang sotong. Makanan di atas sangat ampuh untuk meningkatkan peluang bertelur lovebird, jadi jika ingin burung Anda cepat bertelur maka cobalah untuk menggunakan pakan di atas.

4. Pemasangan kotak sarang yang tepat

Agar proses bertelur dan pengeraman lancar sebaiknya Anda buatkan kotak sarang yang tepat. Gunakan kotak sarang yang tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kecil, untuk pintunya sesuaikan dengan ukuruan tubuh burung Anda. Selain itu Anda juga harus menyiapkan serutan kayu setebal 2,5 cm untuk sarang burung di dalam kotak.

5. Pemberian suplemen untuk burung

Suplemen akan meningkatkan peluang bertelur lovebird, jadi jika Anda ingin burung ini cepat betelur maka cobalah untuk memberikan suplemen untuk merangsang proses bertelur. Tapi ingat, sebaiknya gunakan suplemen yang sudah terpercaya. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada burung Anda, selain itu pemberian suplemen yang kurang tepat kemungkinan akan mengakibatkan penurunan kesehatan pada burung.

Demikianlah Cara Ampuh Membuat Lovebird Betina Cepat Bertelur, jadi jika Anda ingin burung Anda cepat berkembangbiak maka cobalah untuk menggunakan cara-cara di atas. Selain cara di atas Anda juga harus bijak dalam memilih indukan yang Anda kawinkan, pilihlah indukan yang bagus dan baik agar menghasilkan keturunan yang baik pula. Semoga bermanfaat dan Sallam LBMania!!..

0 Response to "Cara Ampuh Membuat Lovebird Betina Cepat Bertelur"

Post a Comment

STTB