Mengenal Burung Sirtu

yak burung sirpu atau yang sering disebut dengan burung sirtu atau burung cipew atau burung cipoh alias burung cipew adalah burung mungil yang memiliki ukuran agak lebih besar di bandingkan dengan burung pleci walapuan burung sirtu memiliki ukaran yang kecil itu tidak berarti jika burung sirtu tidak bisa berkicau semerdu burung lainya walaupun sura yang di tirukanya terbatas tidak seperti burung cendet, burung sirtu memiliki caranya sendiri saat tidur yaitu dengan menutupi bandan dan kepalanya dengan bulu yang di milikinya, selain itu harga burung sirtu sangat bervariasi mulai dari 30 ribu untuk yang bakalan sampai 300 ribu rupiah untuk yang sudah ngoceh bahkan harga burung sirtu juga bisa mencpai 600 ribu rupiah, nah terus bagaimana membedakan burung sirtu jantan dan betina ? cara yang bisa anda lakukan untuk membedakan sirtu jantan dan betina adalah dengan meilihat rongga mulutnya, untuk burung sirtu jantan biasanya memiliki rongga mulut berwarna hitam pekat dan cara kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan melihat warnanya tapi cara ini memerlukan pembanding yaitu sirtu jantan dan betina, untuk burung sirtu jantan warnanya akan terlihat lebih cerah dan warna hitam pada sayapnya akan terlihat lebih pekat jika di bandingkan dengan burung sirtu betina, dan untuk memperjelas mungkin gambar di bawah ini  bisa menjelaskan semuanya untuk mempermudah dalam Mengenal Burung Sirtu monggo disimak gambar burung sirtu ini : :
Sirtu
Burung Sirtu Jantan dan Betina

 nah untuk pemeliharaannya kalo menurut saya anda harus benar benar serius dan telaten dalam merawat burung sirtu pernah saya memiliki pengalaman yang kurang bagus saat punya burung sirtu, dulu saya pernah memelihara burung sirtu seharga 300 ribu memang satu minggu pertama saat berada di rumah saya saya aku burung sirtu tsb mudah beradaptasi pasalnya tidak butuh waktu lama untuk bisa menikmati kicauanya namun dikarenakan perawatan yang pasang surut atau tidak menentu dalam pemberian kroto alhasil performanya kian menurun dan tidak sebagus dulu lagi, dan saat itu lah saya di beritahu teman saya jika dalam merawat burung sirtu itu perlu di berikan EF yang memiliki kandunggan protein yang tinggi selain itu kebersihan kandang dan airminumnya pun juga harus di perhatikan dan rutin dibersihkan,  sekian dulu ya om tentang Mengenal Burung Sirtu, o iya ni tambahan video burung sirtu dari youtube

 
maaf ya gambar video yang saya pilihkan kurang begitu jelas, namun saya nyari nyari video burung sirtu yang memiliki suara yang lumayan enak di dengar ya baru itu yang saya temui sekian :)

STTB