Cara ternak kenari sistem koloni

Cara ternak kenari sistem koloni - di Indonesia umumnya para peternak kenari membudidayakan kenari dengan cara sistem bubut, merupakan kenari pejantan digunakan buat mengawini beberapa kenari betina yg berada di sangkar ternak terpisah. Selain itu ada jua yg menangkarkan kenari dengan cara berpasangan / soliter, maksudnya satu sangkar ternak ditempatkan satu kenari jantan dan  satu kenari betina, ke 2 kenari tersebut sebagai pasangan tetapnya, dan  tidak akan dipisah kecuali beberapa alasan, misalnya galat satu indukan kenari tewas.


Dua metode penangkaran kenari pada atas, tentu memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Tetapi tahukan anda? Bahwa terdapat satu lagi metode beternak kenari yg telah poly dilakukan sang peternak kenari luar negeri yaitu beternak kenari menggunakan sistem koloni yang dalam bahasa inggris dianggap aviary. Ternak kenari koloni artinya beternak burung kenari dengan cara menempatkan beberapa kenari pejantan dan  beberapa kenari betina pada satu sangkar yg berukuran kandangnya tidak mengecewakan luas, sehingga induk kenari jantan juga kenari induk betina bisa memilih calon pasangannya sendiri.


Gambar ternak kenari koloni

Beternak kenari cara koloni ini ialah alternative lain pada membudidayakan burung kenari. Tetapi perlu diketahui bahwa ada beberapa saran yang musti anda ketahui sebelum memulai ternak kenari dengan sistem berkoloni ini, mulai berasal membentuk sangkar ternak dan  pula saat memilih calon indukan kenari. Berikut tipsnya.


Tips membuat kandang untuk ternak kenari koloni:

    Buatlah sangkar di ruangan terbuka, dengan berukuran yang cukup luas. Ukurannya bisa didesain sbb. P x L x T:  2x1,5x2 centimeter, Catatan: berukuran tidak wajib  sama namun bisa menyesuaikan menggunakan lokasi yg ada.
    Aturlah posisi sangkar ternak di kawasan yg aman serta nyaman bagi kenari.
    Atur pula model kandang sedemikian rupa agar sangkar ternak kenari menerima sinar matahari, sangat disarankan diatur sbb: 1/3 atap sangkar menggunakan atap yang transparan agar sinar matahari dapat masuk.
    Burung kenari yg diternak dengan cara koloni harus mendapat sinar mentari  yang cukup, supaya kenari tetap sehat dan  pula tidak gemuk.

Setelah sobat menyiapkan sangkar atau kandang ternak kenari koloni, kini   saatnya buat mempersiapkan indukan kenari. Pada menentukan indukan burung kenari yang hendak diternak secara koloni tidak boleh berasal.


Tips memilih calon indukan kenari buat ternak koloni:

    Pilihlah burung kenari yang karakternya kalem baik jantan juga betina, adalah kenari tidak senang ngamuk ketika disatukan.
    Usahakan belilah induk kenari yang sudah berproduksi, ialah sudah beranak-pinak sebelumnya. Maka kenari akan lebih cepat berkembang biak. Jika tidak memungkinkan tidak duduk perkara memulai dari kenari siapan atau belia.
    Bagi anda yang sedang beternak kenari dengan cara system cabut   atau sistem baterai, kemudian ingin mencoba ternak cara koloni, tidak ada salahnya jadi tinggal memindahakan induk kenari ke kandang koloni.

Kandang ternak koloni juga calon indukan kenari sudah siap, kini   saatnya untuk memulai.


Cara ternak kenari sistem koloni (aviary):

    Lengkapi sarana penunjang lainnya pada dalam sangkar, seperti tempat minum, daerah pakan dan  pula tempat sarang kenari bertelur. Upayakan jumlah sarang melebihi jumlah kenari betina.
    Setiap sarang satu menggunakan sarang yg lain diberi jarak paling tidak 50 centimeter serta usahakan tiap sarang diberi variasi tanaman atau bunga yang terbuat asal plastik. Ini krusial supaya waktu kenari bertelur lebih safety jadi tidak diganggu sang kenari lain.
    Bila sarana penunjang sudah terpasang dengan baik, kemudian kenari jantan dan  kenari betina bisa dilepas pada sangkar koloni. Abaikan mereka mencari pasangan sendiri.
    Jumlah pasangan kenari yg ideal mampu 1 pejantan 4 betina atau dua pejantan 8 betina.
    Jangan khawatir walaupun sang kenari pemacek/pejantan jumlahnya tidak berimbang dengan betina. Kenari jantan akan berpoligami menggunakan kenari betina yang lain.
    Kemudian rawatlah kenari menggunakan baik, berilah telor puyuh, juga sayuran secara terpola. Jangan lupa pakan biji-bijian komplit.
    Tempat pakan kenari usahakan terdapat 2 daerah terpisah, begitupun menggunakan tempat minum, ini bertujuan supaya meminimalisir kenari berantem.
    Ingat sediakan juga bahan sarang kenari agar kenari terpacu buat menyusun sarang segera. Bahan sarang mampu anda tempatkan pada pada kandang menggunakan cara digantung.
    Lalu nikmatilah proses pembudiyaan kenari ini, niscaya akan mengakibatkan hasil. Demikian tips yang dapat kami sharing kepada sobat kenari mania.

Perlu anda ketahui pula bahwa penangkaran kenari dengan cara koloni pula memiliki kelebihan serta kekurangan. Berikut kami sampaikan kelebihan atau keunggulan ternak kenari system koloni.


Di bawah ini kelebihan / keunggulan ternak kenari sistem koloni:

    Beternak kenari jadi lebih praktis dan  praktis. Sebab tanpa perlu lagi menjemur kenari, memasukan kenari setelah terselesaikan dijemur. Memberi pakan cukup sekali atasu pada satu sangkar saja. Merupakan perawatan kenari jadi lebih mudah.
    Tanpa perlu lagi repot-repot menjodohkan kenari, karena kenari telah mencari pasangan sendiri dan  kawin menggunakan sendirinya.
    Burung kenari jadi lebih lincah dan  sehat, karena bisa terbang lebih leluasa.


Berikut kekurangan beternak kenari menggunakan sistem koloni:

    Kenari pejantan terforsir buat mengawini beberapa kenari betina sekaligus.
    Kenari lebih beresiko berantem yg hebat karena semuanya saling berinteraksi.
    Kenari betina yg sedang bertelur, mengerami telur dan  pula di ketika meloloh anakan, terkadang diganggu sang kenari yg lain.
    Apabila ada salah  satu kenari yg sakit, maka akan cepat menular ke kenari yang lain.
    Sulit mengontrol kenari misalnya apakah kenari betina sudah mau bertelur ataukah kenari jantan sedang mabung, apakah di ven nya ada bulu muda atau tidak, dan  lain sebagainya.

Demikian pembahasan lengkap mengenai cara ternak kenari sistem koloni, beserta keunggulan dan  kekurangannya. Praktis-mudahan tulisan sederhana ini mampu anda jadikan refrensi waktu hendak memulai menangkar kenari dengan cara berkoloni ini. Salam kenari mania. Terima kasih.

1 Response to "Cara ternak kenari sistem koloni"

  1. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly Wood untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly

    ReplyDelete

STTB