Tips Cara Mengatasi Kacer yang Sering Mengacak-acak Pakan

Tips Cara Mengatasi Kacer yang Sering Mengacak-acak Pakan - Salah satu perilaku Burung Kacer yang kerap membuat jengkel pemilik atau perawatnya adalah sering mengacak-acak dan membuang pakan yang ada dalam cepuknya. Jika Anda sudah bergelut dengan Beternak Kacer atau Merawat Kacer, Anda mungkin sering mendapati Kacer yang sering mengacak-acak pakan ini. Sedangkan untuk sebab dari perilaku ini sendiri beragam, dari mulai Kacer yang gemar memilih makanan, Kacer yang sedang cacingan, atau bahkan karena Kacer sedang mengalami stres. Ada beberapa tips untuk mengatasi kebiasaan burung seperti itu. Mau tahu?

Bila penyebabnya dari permasalahan ini lantaran cacingan, jadi hal yang harus Anda kerjakan yaitu dengan memberi obat cacing spesial burung pada Kacer yang paling disayangi Anda. Walau demikian, bila pemicunya lantaran Kacer itu tengah stres, jadi langkah paling baik yaitu dengan kurangi atau bahkan juga mengobati stres yang terkena oleh sang burung.

http://miefbird.blogspot.com/2016/07/tips-cara-mengatasi-kacer-yang-sering.html
Tips Cara Mengatasi Kacer yang Sering Mengacak-acak Pakan

Adapun cara untuk menghilangkan stres tersebut adalah dengan cara:

1.Menambah intensitas mandi, bila perlu Anda bisa memandikan Kacer pada jam 9 malam. Hal ini berguna untuk mengurangi tingkat stres yang diderita oleh Kacer.

2.Memindahkan burung ke tempat yang ideal, tidak terlalu brisik, tidak terlalu ramai, dan terhindar dari predator dan pengganggu lainnya.

3.Memberikan kredong pada sangkar Kacer.

Cara-cara di atas sangatlah baik digunakan apabila penyebab dari masalah ini adalah karena stres. Tapi, bila penyebabnya adalah karena sikap Kacer yang selektif, bagaimana cara untuk mengatasi Kacer yang sering mengacak-acak pakan tersebut?

Jika penyebab dari masalah ini adalah karena sikap Kacer yang over selektif, maka hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan cara-cara sebagai berikut:

1.Pemasangan karpet di dasar sangkar

Cara mengatasi Kacer yang sering mangacak-acak pakan ini sebenarnya tidak bertujuan untuk mengurangi tingkat selektifitas dari Kacer. Akan tetapi, cara ini berguna untuk memudahkan Anda dalam membersihkan sisa pakan Kacer yang berserakan di lantai sangkar.

Sedangkan untuk cara kerjanya sendiri adalah sebagai berikut:

a.Pasangakan karpet ini di atas bagian sangkar yang biasa digunakan untuk tempat Kacer makan.

b.Setelah itu, jika sudah terpasang, Anda biarkan Kacer makan sesuai dengan yang Ia inginkan.

c.Saat Kacer makan dan berserakan, sisa-sisa pakan yang berserakan itu akan jatuh di atas karpet yang telah kita pasang.

d.Jika Kacer sudah selesai makan, Anda bisa menangkat dan menarik karpet serta sisa pakan tersebut untuk dibersihkan.

2.Menggunakan tempat pakan yang tertutup

Jika Anda menggunakan cara ini, maka pakan-pakan yang berserakan di lantai sangkar akan sedikit, bahkan tidak ada. Selain untuk meminimalisir pakan yang berserakan, hal ini juga akan mengajarkan Kacer untuk makan apapun pakan yang telah disediakan tanpa perlu memilah dan memilih pakan mana yang akan mereka makan.

Itulah Tips Cara Mengatasi Kacer yang Sering Mengacak-acak Pakan. Akan tetapi, sebelum Anda melakukan penanganan- penanganan seperti di atas, alangkah baiknya Anda periksa penyebab dari sikap Kacer yang seperti itu. Hal ini disamping untuk mengetahui penyebab masalah ini, juga untuk memudahkan kita dalam memilih dan menentukan penanganan apa yang tepat untuk masalah Kacer tersebut. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Cara Mengatasi Kacer yang Sering Mengacak-acak Pakan"

Post a Comment

STTB