Cara Memilih Voer yang Bagus dan Cocok Untuk Burung Murai batu

Cara Memilih Voer yang Bagus Untuk Burung Murai batu- Voer merupakan bahan makanan yang umum diberikan pada burung kicauan. Selain harganya murah, voer juga sudah dilengkapi dengan nutrisi yang sesuai untuk burung kicauan. Berbeda dengan pakan alami (ulat, jangkrik, dsb) voer sangat mudah didapatkan dan tersedia dari berbagai merk. Jenis dan merk voer di pasar burung begitu banyak, asal mengikuti dan memilih berbagai merk voer belum tentu bagus buat burung kita. Voer bagus buat burung A maka belum tentu bagus buat burung B misalkan, namun kebutuhan pakan burung berupa Voer memang harus sebagai pakan rutin di kandang selain pakan tambahan berupa ekstra fooding maupun buah-buahan.

Memilih voer untuk Pakan Burung Murai Batu kesayangan ternyata gampang-gampang susah. Voer yang menurut kita bagus dan baik belum tentu cocok dengan Burung Murai kesayangan tersebut. Burung Murai batu memang sangat peka terhadap voer yang diberikan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memilih pakan voer yang berkualitas cocok dan baik untuk Burung Murai Batu. Karena jika kita salah memilih, bisa timbul masalah yang merepotkan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan.

http://miefbird.blogspot.com/2016/07/cara-memilih-voer-yang-bagus-dan-cocok.html
Cara Memilih Voer yang Bagus dan Cocok Untuk Burung Murai batu

Cara Memilih Voer yang Bagus dan Cocok Untuk Burung Murai batu



1. Perhatikan nutrisi merek voer

Perhatikan daftar kandungan nutrisi voer pada kemasan. Voer harus mengandung protein, karbohidrat, lemak, mineral, vitamin serta asam amino dengan jumlah yang bisa dilihat pada kemasan. Jika voer tersebut memiliki nutrisi tinggi, jangan memberikan extra food (EF) dengan jumlah banyak, karena burung akan menjadi gemuk serta lamban. Sebaliknya, jika kemasan menunjukkan voer tersebut memiliki nutrisi rendah, pemberian EF bisa ditingkatkan. EF adalah pakan tambahan dengan protein ekstra, baik berupa kroto, jangkrik dan sejenisnya, biasanya informasi mengenai kandungan nutrisi yang ada dalam pakan terdapat di bagian belakang.

2. Memberikan beberapa jenis voer 

Agar mengetahui voer yang cocok dengan Murai Batu kita, cobalah menempatkan beberapa merk voer didalam mangkok yang berbeda-beda, kemudian berikan secara bersamaan. Voer yang habis lebih dulu merupakan voer yang digemari dan paling cocok dengan burung tersebut. Jika ada mangkok yang diacak-acak, kemungkinan voer dalam mangkok tersebut palsu atau tiruan. Jangan mengganti jenis voer ketika Burung mengalami dorong ekor (Baca: Cara Merawat Murai Batu Saat Dorong Ekor). Gangguan metabolisme yang terjadi akibat perubahan ini akan menyebabkan burung mabung kembali untuk waktu yang singkat.

3. Pilih voer rendah lemak

Burung yang kurus, kerdil, enggan berkicau, bulu gampang rusak atau murung atau mencabuti bulunya, bisa jadi burung tersebut kekurangan nutrisi protein. Jika Murai batu gampang mencret, tidak mau berkicau atau badannya semakin gemuk, bisa jadi voer yang kita berikan kandungan lemaknya terlalu banyak. Dan bila bulu burung tersebut kusam dengan tulang yang lembek, hal tersebut bisa disebabkan kurangnya vitamin atau mineral yang dikonsumsi (Baca: Murai Batu Agar Gacor Ternyata Butuh Konsumsi Vitamin).

Memelihara Burung Murai Batu memang membutuhkan perhatian ekstra agar burung tumbuh baik dan sehat. Karenanya, memilih voer yang cocok dengan burung harus bisa dilakukan oleh sang pemilik burung.

0 Response to "Cara Memilih Voer yang Bagus dan Cocok Untuk Burung Murai batu"

Post a Comment

STTB