Untung ruginya membeli burung pleci muda

Tips burung - Memilih burung Pleci untuk dijadikan burung siap dibawa lomba dengan burung yang akan dijadikan calon burung lomba tentunya berbeda, ketika memilih burung Pleci siap lomba tentu kita harus memilih burung yang sudah matang dan berumur sehingga bermental siap diadu di gantangan lomba.

Beda halnya jika kita memilih Pleci bakalan yang masih muda, kita tidak bisa langsung membawanya mengikuti perlombaan/kontes burung Pleci. Burung muda yang belum siap lomba biasanya hanya akan kebingungan dan loncat-loncat saja, hasilnya tentu mengecewakan.
koloni pleci
Koloni Pleci muda, sumber foto Mata puteh
Namun memilih burung Pleci muda bukannya tidak boleh, tetapi kita juga harus menimbang keuntungan dan kerugiannya ketika kita membeli burung Pleci bakalan yang masih muda, sehingga kita juga harus siap dan sabar merawatnya hingga burung siap dibawa pada kontes burung Pleci. 

Berikut ini plus dan minusnya membeli Pleci muda untuk kita pelihara.

Kerugian memilih pleci muda.


  • Burung muda biasanya masih belum memiliki mental yang baik untuk dibawa ke kontes burung.
  • Burung pleci muda belum memiliki volume dan juga variasi laguan yang lengkap dan masih perlu dimaster dan diisi dengan aneka suara masteran yang cocok untuk Pleci.
  • Memerlukan waktu perawatan dan pemeliharaan yang cukup panjang dan butuh kesabaran untuk menjadikannya burung siap kontes.

Keuntungan membeli Pleci bahan muda.


  • Burung pleci muda lebih mudah dikondisikan dengan lingkungan manusia, lebih cepat beradaptasi.
  • Burung Pleci muda biasanya tidak mudah stress dengan lingkungan manusia dan sangkar barunya, dibanding burung pleci dewasa dari ombyokan.
  • Lebih mudah dimaster dan diisi dengan aneka suara burung sesuai keinginan kita, asalkan masteran tersebut cocok dengan karakter suara Pleci.
  • Pada burung Pleci muda, kita lebih mudah membentuk dan juga mempelajari karakter dan setingan burung tersebut karena kita merawatnya lebih lama.’
  • Karena masih muda ketika kita membelinya, tentunya kita bisa lebih lama merawatnya dan memilikinya.
Demikian, artikel mengenai keuntungan dan kerugian merawat burung Pleci bakalan yang masih muda. Baca juga tentang lima cara merawat pleci bagi pemain pleci baru.


0 Response to "Untung ruginya membeli burung pleci muda"

Post a Comment

STTB