Mengenal burung Cucak hijau mini


Tips burung - Bentuk dan warnanya burung Cucak hijau mini sangat mirip dengan burung Cucak hijau biasa, hanya yang membedakan keduanya yaitu ukuran tubuhnya yang relatif lebih kecil.
Cucak hijau mini merupakan jenis burung yang memiliki kekerabat dengan Cucak hijau atau bisa disebut dengan cica daun besar.


Cucak hijau mini jantan
Cucak hijau mini memiliki ukuran tubuh sekitar 16-17cm panjangnya, jadi ukuran burung Cucak hijau mini jauh lebih kecil dibandingkan dengan Cucak hijau besar pada umumnya. Penampilan warna dan topeng pada Cucak hijau mini sangat mirip dengan Cucak hijau besar dan sekilas memang tidak ada yang membedakannya. Namun ketika kita mengamati, Cucak hijau mini pada bagian sayapnya tidak terdapat bulu berwarna biru seperti Cucak hijau besar.

Membedakan jenis kelamin Cucak hijau mini.

Membedakan jenis kelamin burung Cucak hijau mini tidaklah terlalu sulit, jika burung Jantan biasanya pada bagian tenggorokan akan terdapat warna bercak kuning pada sisi tubuhnya, sedangkan warna hitam pada tenggorokan juga ada. Beda halnya pada Cucak hijau mini betina, bagian tenggorokannya justru berwarna hijau dan bukan kuning seperti burung Jantannya.

Habitat dan makanan Cucak hijau mini.

Cucak hijau mini menyukai hidup pada hutan dengan dataran rendah hingga pada ketinggian 700 meter dpl, hampir sama dengan burung Cucak hijau lainnya, Cucak hijau mini juga menyukai hutan-hutan primer dan sekunder dengan lingkungan hutan yang tinggi. 

Makanan Cucak hijau mini ketika berada di hutan biasanya berupa serangga-serangga, nektar dan juga buah-buahan. Selain nektar, buah dan serangga seperti laba-laba, Cucak hijau mini juga menyukai serangga yang menempel pada dedaunan untuk dimakannya. Jika Anda memiliki cucak hijau belum mau makan voer, Anda bisa menyimak cara Cucak hijau mau ngevoer di melatih Cucak hijau makan voer.

Harga jual Cucak hijau mini.

Dari pantauan tips burung, biasanya burung Cucak hijau mini jantan bakalan dijual dengan harga kisaran mulai dari Rp. 250.000,-/ekornya. Harga juga relatif sesuai dengan kualitas kicauan burung tersebut, jika burung Cucak hijau mini sudah memiliki kicau dan suara yang cukup lengkap dan variatif maka harganya juga semakin mahal.


Mungkin karena intensitas perburuan burung liar di hutan yang semakin masif, maka menjadikan keberadaan burung Cucak hijau mini semakin hari justru semakin berkurang dan langka. Marilah memanfaatkan burung dengan lebih bijak dan mari mencoba ikut melestarikan burung dan satwa liar di alam bebas.

0 Response to "Mengenal burung Cucak hijau mini"

Post a Comment

STTB