Pola perawatan harian burung yang benar


Tips burung - Kesehatan burung sangat menentukan performa dan penampilan burung sehari-hari, adapun kesehatan seekor burung dapat kita peroleh jika perawatan burung dilakukan dengan benar dan terjaga kebersihan sangkarnya dan juga asupan pakannya.

Perawatan keseharian burung yang benar dapat dilakukan dengan menjaga pola pakan serta asupan gizi untuk burung dan juga jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kandang dan lingkungan sangkar burung. Karena burung yang kurang sehat dan sakit tentunya akan berpengaruh terhadap polah tingkah dan performa kicau burung tersebut.


Jika pemberian pakan yang bervitamin dan bergizi sudah terpenuhi, tentunya kita tidak boleh lupa juga dengan kebersihan sangkarnya dan juga peralatan lainnya seperti tangkringan sangkar dan kerodong juga harus selalu diperhatikan kebersihannya. Berikut ini tips perawatan burung yang benar agar burung sehat.

Membersihkan sangkar.

Ketika pagi hari, burung sedang dimandikan di kandang keramba mandi. Sangkar dapat kita bersihkan kotorannya di dasar sangkar, selain kotoran di dasar sangkar yang kita bersihkan. Kebersihan cepuk pakan dan cepuk air minum juga harus selalu terjaga.

Sangkar yang terlalu kotor dan dibiarkan berhari-hari tidak dibersihkan hingga kotoran burung menumpuk dan berjamur tentunya kurang baik untuk kesehatan kita dan juga burung yang berada di dalam sangkar tersebut.

Selalu lakukan general cleaning untuk sangkar setiap seminggu sekali dengan cara membersihkan dengan desinfektan atau sabun bagian-bagian sangkar hingga bagian detail untuk mengurangi jamur dan bakteri berkembang biak di dalam sangkar.

Kebersihan kerodong sangkar.

Jangan sepelekan kebersihan kerodong, peralatan pendukung kicau mania ini harus juga rutin dicuci dan bersihkan. Kerodong selain bisa menyimpan debu yang menempel, kerodong juga bisa menularkan jamur dan parasit pada burung.


Saya biasa menjemur kerodong dengan cara dijemur di bawah panas matahari ketika sangkar dan burung sedang dijemur juga. Selain menjemur setiap hari, kerodong juga saya bersihkan rutin dengan cara dicuci setiap seminggu sekali.

0 Response to "Pola perawatan harian burung yang benar"

Post a Comment

STTB