Memilih burung murai batu

Memilih burung murai batu untuk di ikut sertakan dalam lomba maupun hanya sekedar menjadi momongan di rumah, pada dasarnya setiap orang yang memelihara burung murai batu pasti sangat menginginkan burung murai batu yang arjin berkicau,untuk bisa mendapatkan burung murai batu yang bagus memang gampang-gampang susah, nah untuk cara gampangnya: anda cukup dateng ke event perlombaan / latber burung murai batu dan disana anda anda bisa menggamati mana burung murai batu yang inggin anda jadikan momongan baru kemudian temui pemilik burung murai batu tersebut dan mulailah negosiasi mengenai harga burung murai yang anda inginkan.benar memang dengan menggunakan cara tersebut peluang anda mendapatkan burung murai batu yang baik memang lebih besar, akan tetapi mungkin saja atau bahakan bisa saja harga burung murai batu tersebut memiliki harga di atas rata-rata, untuk saat ini jenis burung murai batu yang paling di gemari adalah burung murai medan dan murai kalimantan, untuk murai medan sendiri harga murai relativ lebih mahal jika di bandingkan dengan jenis burung murai lain.
Berbeda dengan cara di atas, mungkin dengan cara ini anda bisa mendapatkan burung murai batu yang berkualitas akan tetapi dengan harga yang standar yaitu dengan cara membeli burung murai batu bakalan maupun burung murai batu anakan/trotol, memang cara ini tidak semudah membeli burung di arena latber / lomba, maka dari itu sebelum membeli burung murai batu akan lebih baik jika anda mengetahui ciri-ciri burung murai batu yang kira-kira memiliki prospek untuk kedepanya entah nantinya akan anda ikut sertakan dalam lomba / hanya sebagai peliharaan kesayangan di rumah.
  1. dalam memilih burung murai trotol, kalo bisa lihat indukanya terlebih dahulu usahakan pilih anakan burung murai batu yang indukanya sudah jelas (jelas prestasinya, jelas kicauannya), akan tetapi hal tersebut tidak menjamin anakan burung murai batu tadi 100% bisa mirip induknya / lebih baik dari induknya, anda juga harus memperhatikan bargaimana anakan burung murai batu tersebut.
  2. walaupun burung masih muda, pilihlah burung murai yang memiliki kaki yang terlihat kering seperti burung murai yang sudah berumur
  3. untuk warna kaki saya sarankan pilih burung murai dengan warna kaki hitam, dan yang paling penting adalah kaki tersebut terlihat kering.
  4. memiliki sorot mata yang tajam dan terlihat ganas, ya pokooknya pilih burung murai yang memiliki bola mata bulat besar dan seolah-oalh bola mata tersebut akan keluar ( bukan burung yang sakit lo ya).
  5. Kepala cepak /yang mirip kepala ular gitu lah
  6. Leher panjang dan besar biasanya burung murai batu yang memiliki leher panjang dan tebal memiliki suara yang keras dan mantep.
nah untuk lebih jelasnya dalam cara memilih burung murai batu yang bagus ada baiknya anda mencermati beberapa gambar / foto burung murai batu yang saya ambil dari gooogle :

Murai Trotol ganti bulu dewasa

Murai Dewasa






walaupun ga semua burung bagus memiliki ciri-ciri seperti di atas, akan tetapi menurut pengamatan saya burung murai batu yang rajin berkicau hampir semuanya memiliki ciri-ciri seperti di atas.

0 Response to "Memilih burung murai batu"

Post a Comment

STTB