Perawatan Sederhana Pun Lovebird Bisa Juara

Lovebird yang juara dalam suatu latber atau lomba tak bisa lepas dari trah juara yang telah menjadi gen dalam burung tersebut. Burung Lovebird muda yang berasal dari peranakan indukan juara akan lebih mudah perawatan, meskipun dirawat dengan metode yang sederhana jika burung itu memiliki mental yang baik, ngekek panjang dan memiliki intonasi lagu yang baik maka burung akan tetap bertengger di berbagai lomba burung kekean.

Lovebird SS milik Om Hany sebagaimana di sampaikan omkicau adalah salah satu produk lovebird hasil ternakan sendiri, yang dirawat dan dikembang biakkan dengan baik sehingga burung-burung hasil penangkaran itu menjadi burung yang cerdas, mental kuat dan ngekek panjang.

Sebelum masuk dalam event akbar, lovebird SS di coba dengan dilombakan dikelas latber, setelah tampak memiliki mental yang bagus diberbagai latberan, barulah burung dicoba di kelas lomba yang lebih besar. Ternyata SS memang memiliki amunisi yang bagus, dari mulai dibuka kerodong digantangan terus berkicau dengan rajin dan ngekek yang panjang.

Apa rahasia dari Perawatan Lovebird itu? berikut ini adalah kutipan kami untuk memberikan info sebaik mungkin :

Menurut Om Yusak (perawat SS), perawatan lovebird SS terbilang sederhana alias tidak ribet. Setiap hari, sekitar pukul 06.00, kerodong dibuka dan burung dianginkan selama 1 jam.

Setelah itu, lovebird SS mandi dengan cara disemprot. Tebok dilepas dulu untuk dibersihkan secara terpisah. Selanjutnya, SS disemprot sampai basah kuyup.

Sangkar, termasuk bagian dalam jeruji, dibersihkan dan dikeringkan dengan kanebo. Tebok yang sudah bersih dipasang kembali. Selanjutnya,burung dijemur selama dua jam.

Selesai jemur, SS dipindahke tempat rindang untuk dianginkan lagi selama sekitar satu jam.  Habis itu, burung dikerodong dan dimasukkan ke dalam rumah.

Sore hari, sekitar pukul 17.00,kerodong dibuka dan burung kembali dianginkan di luar. Setelah itu mandi dan dianginkan lagi hingga bulu-bulunya kering.

Petang hari, burung kembali dikerodong dan diistirahatkan di dalam rumah sampai esok pagi. Begitu seterusnya yang dilakukan Om Yusak terhadap lovebird SS setiap hari.

Bagaimana dengan pakannya? Untuk pakan harian, Om Yusak hanya memberikan milet putih. Kalau mau lomba, maka mulai H-2 (Jumat) diberi pakan khusus lomba, yang merupakan racikan beragam bijian.
Demikian sederhana dan umum dalam hal perawatan burung lovebird. Karakter Juara dan karakter yang mudah dalam perawatan itu adalah sesuatu yang istimewa. Mungkin dengan artikel ini bisa menjadi rangsangan kita untuk mencoba kualitas burung lovebird kita dari satu latberan ke latberan yang lain, siapa tahu beruntung dan si Lovebird akan membawa rejeki untukmu.

Salam Lovebird Mania, by Kissawa



0 Response to "Perawatan Sederhana Pun Lovebird Bisa Juara"

Post a Comment

STTB