Inilah Burung Cucak Jenggot

Burung Cucak Jenggot adalah jenis burung pemakan buah-buahan juga serangga, sehingga burung ini disebut juga burung omnivora seperti halnya burung Trucukan, Cucak Ijo maupun Cucak Rowo. Secara penampilan burung Cucak Jenggot memang berbeda dengan burung cucak lainnya, dimana burung ini memiliki kebiasaan menunjukkan jenggot dan jambulnya setiap waktu. Warna bulu burung cucak jenggo hampir mirip dengan burung Trucukan yaitu punggung berwarna cokela dan dada berwarna putih dengan dubur berwarna kekuningan.

Inilah gambar burung Cucak Jenggot.


Burung ini memiliki kebiasaan kicauan yang ramai, greceh dan penuh dengan cerecetan. sehingga burung ini kerap hanya dijadikan sebagai burung masteran bagi burung berkicau lainnya seperti Murai, Kacer maupun Cucak Hijau.

Habitat Burung Cucak Jenggot di Jawa sangat luas mulai dari pulau jawa bagian barat sampai ke timur ada. Nusa Kambangan, Gunung tiga di majenang adalah salah dua tempat yang terdapat burung ini. Bahkan di Malaysia burung ini juga ada, tahun lalu saya pernah membaca di surat kabar burung, bila burung ini di Malaysia sangat berharga sampai 40jt.

Untuk yang belum mengenal cucak Jenggot, mungkin gambar diatas cukup untuk mewakili wujud dari Cucak Jenggot yang kerap jadi burung masteran dan lomba di beberapa daerah di baratnya pulau jawa.

0 Response to "Inilah Burung Cucak Jenggot"

Post a Comment

STTB