Voer racikan ini selain untuk Ciblek, bisa juga untuk Pleci

Berbagai cara untuk mendukung performa burung Ciblek dan Pleci supaya rajin bunyi dan gacor dilakukan oleh penghobi burung berwarna pengicau kecil ini.

Salah satu diantaranya adalah dengan membuatkan pakan-pakan racikan untuk burung Ciblek atau Pleci yang diracik sendiri dari campuran berbagai bahan berkualitas.
Campuran bahan pilihan untuk pakan burung Ciblek atau Pleci biasanya dibuat dengan cara menambah bahan berkualitas pilihan pada voer kering yang biasa diberikan sebagai pakan pada burung Ciblek. 

Jika Anda tertarik membuat sendiri voer dengan bahan tambahan sebagai racikan untuk Ciblek atau Pleci, silahkan dicoba resep yang admin kutip dari blog agrobur.com ini.

Bahan yang dibutuhkan, untuk membuat voer racikan burung Ciblek

  1. Voer khusus Ciblek 1 bungkus.
  2. Tepung kroto kering 1 bungkus.
  3. Tepung jangkrik 1 bungkus.
  4. Susu bubuk putih 1 bungkus, merk bebas asal jangan susu kental cair..hehehe
  5. Sereal bubur bayi 1 bungkus, rasa bisa kacang hijau atau beras merah.
  6. Kaplet minyak ikan 1 butir.
  7. Telur ayam atau telur bebek, sediakan 2 butir.

Cara membuat pakan racikan Ciblek

  • Campur dan aduk hingga merata tercampur pada wadah bersih bahan-bahan seperti voer ciblek halus, tepung kroto, tepung jangkrik, susu bubuk, sereal bayi dan minyak ikan.
  • Rebus telur hingga benar-benar matang dan jangan sampai setengah matang, karena rebusan telur yang diambil hanya merahnya saja, merah telur dicampur dengan bahan-bahan tersebut hingga tercampur merata.
  • Supaya campuran bahan-bahan tersebut bisa tercampur lebih merata, pengadukan bisa dilakukan menggunakan blender sebagai penghalus sekaligus pencampur adonan.
  • Jika sudah tercampur merata, Voer racikan bisa disimpan ke dalam wadah yang kering dan bersih. Dan yang perlu diperhatikan adalah, wadah penyimpananya harus kedap udara dan tertutup rapat supaya voer racikan bisa tahan lama.

Cara pemberiannya pada Ciblek 

Pakan berupa voer racikan bisa setiap hari diberikan pada burung, seperti kita memberikan pakan voer hariannya. Tetapi, meskipun pakan racikan sudah diberikan, pakan tambahan seperti serangga, kroto, jangkrik dan UH juga harus tetap diberikan.

Bagaimanapun juga, pakan EF berupa serangga hidup kandungan nutrisi alaminya lebih baik dibandingkan dengan pakan kering buatan kita. Semoga bermanfaat

0 Response to "Voer racikan ini selain untuk Ciblek, bisa juga untuk Pleci"

Post a Comment

STTB