Penyebab rontoknya lingkaran pada mata Pleci


Apakah Sobat pernah mengalami lingkaran alis pada mata burung Pleci yang berwarna putih tiba-tiba mulai rontok satu-persatu dan kemudian semakin lama justru hilang warna putihnya ?
Hal tersebut sering dialami oleh Pleci mania dan sering menjadi kekhawatiran tersendiri bagi penyuka burung kacamata ini.

Pleci kacamata
Jika Sobat sedang mengalami problem tersebut, jangan buru-buru panik atau khawatir !. Proses tersebut cenderung alami dan bisa terjadi pada semua burung pleci kacamata.

Penyebab lingkar mata pleci rontok.

Penyebab rontoknya warna putih pada alis mata burung Pleci biasanya disebabkan karena burung akan memasuki masa mabung atau sedang dalam kondisi mabung. Jika Sobat mengalami kondisi tersebut, cara mengatasinya bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut :

Merawat pleci yang rontok lingkar matanya.


  • Tambahkan intensitas mandi burung misalkan sehari jadi 2 atau 3 kali, karena burung akan segera memasuki masa mabung atau ganti bulu.
  • Tambah sedikit porsi pemberian pakan yang mengandung protein hewani seperti UH putih atau kroto sedikit jika burung mau memakan kroto.
  • Pengerodongan juga bisa dilakukan pada sore hari hingga pagi harinya.

Lakukan perawatan tersebut hingga kondisi burung benar-benar pulih dan alis mata yang semula mulai rontok terlihat kembali normal seperti semula. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

0 Response to "Penyebab rontoknya lingkaran pada mata Pleci"

Post a Comment

STTB