Tips Sederhana Cara Merawat Burung Prenjak Sawah

Popularitas burung ini memang tidak setenar Burung Prenjak Putih, namun jangan mengabaikan kemerduan kicauan burung ini, sebab kicauannya akan membuat suasana seakan berada ditengah-tengah sawah atau padang ilalang. Mengapa? karena burung prenjak sawah ini kerap kita temukan dihabitatnya yaitu area persawahan, kebun tebu dan padang ilalang. Nah, kalau dirumah kita ada kicauan burung ini, tentu saja bayangan kita akan menuju ke area persawahan yang sejuk dan damai.


Perlu diketahui bila burung prenjak sawah adalah burung pemakan serangga, maka barang siapa memelihara burung ini wajib baginya untuk selalu memberi UK atau Kroto sebagai makanan pokok, sebab burung ini termasuk burung yang mudah stress bila tidak mendapat makanan tersebut, meskipun burung telah mau makan voer.

Kali ini Kissawa ingin mengutip apa yang disampaikan oleh pecinta Prenjak Sawah, tentang bagaimana cara merawat burung tersebut.

Tips Sederhana Merawat Burung Prenjak Sawah :
  • Untuk burung yang belum jinak sebaiknya dimandikan setiap hari, kemudian dijemur dibawah.
  • Setelah bulu-bulu mengering, barulah burung diberi makan Ulat kandang dan burung kembali digantang diatas agar tidak diserang semut dan UK tidak mati kena sinar matahari
  • Selain UK, kita juga bisa memberi kroto dalam jumlah yang sedikit, seminggu dua kali.
  • Penjemuran terhadap burung prenjak tidak perlu terlalu lama, asal bulu sudah kering, maka sudah bisa diteduhkan.
  • Burung ini bisa dikerodong maupun tidak, karena tidak akan mempengaruhi kicauannya. Sebagai burung masteran, maka lebih baik burung tetap dibiarkan terbuka untuk memaster burung pengicau lainnya.

Itulah tips sederhana  yang dapat Kissawa sampaikan, terima kasih atas kunjungannya, semoga burung-burung yang anda pelihara senantiasa selalu rajin berkicau dan tumbuh sehat.

0 Response to "Tips Sederhana Cara Merawat Burung Prenjak Sawah"

Post a Comment

STTB