Burung Jalak Kerbau Hidup Bebas di KBS

Melengkapi artikel Koleksi Burung KBS, kali ini saya ingin menyampaikan gambar dan berita tentang Burung Jalak Kerbau yang hidup bebas di KBS. hal ini berbeda dengan jenis burung jalak lainnya seperti Jalak Suren maupun Jalak Bali yang hidup di dalam sangkar Aviary, hal ini tentu saja memiliki tujuan yang baik, karena jalak bali berharga mahal dan sangat dilirik para kolektor dan pecinta burung, sedangkan Jalak Kerbau tidak begitu banyak peminatnya.

Karena burung Jalak Kerbau hidup bebas di taman wisata KBS, maka burung ini pun dengan bebas bisa terbang kesana kemari untuk mencari makan, termasuk mencari makan bukan ditempatnya. Sesuai dengan namanya, burung ini biasanya ditemukan di komunitas atau sekumpulan ternak kerbau, namun karena di KBS hanya terdapat se ekor kerbau, sehingga burung ini pun mencari makan di punggung hewan lainnya yang hampir mirip.

Saat kunjungan saya bersama keluarga, burung Jalak Kerbau ini sedang menari makan di punggung dan kepala dari hewan Rusa Sumbawa, dengan santainya sekumpulan burung tersebut berterbangan mencari makan dari satu rusa ke rusa lainnya. Adapun makanan yang dicari burung ini adalah jenis kutu yang nempel di badan Rusa Sumbawa tersebut.

Karena burung mendapatkan makanan dari punggung rusa/kerbau/sapi berupa kutu babi, sementara hewan yang ditumpangi akan terbebas dari hama kutu, maka hubungan antara burung jalak vs rusa tadi disebut sebagai hubungan Simbiosis Mutualisme, yaitu hubungan yang saling menguntungkan.





Pelajaran simbiosis ini terdapat di pelajaran IPA - Biologi, dengan demikian mengunjungi KBS bukan hanya untuk berwisata atau pacaran saja, melainkan untuk mencari ilmu dan menambah wawasan kita tentang aneka satwa liar dan dilindungi yang ada di negeri ini maupun satwa dari belahan bumi lainnya.


0 Response to "Burung Jalak Kerbau Hidup Bebas di KBS"

Post a Comment

STTB