Memaster Burung Gereja

Anda tentu sangat mengenal burung gereja bukan? burung ini sangat familiar dan mudah ditemukan disekitar rumah kita hampir diseluruh pelosok negeri ini, entah dari mana asal mula burung ini, yang jelas saat ini hampir disemua daerah terdapat burung gereja. Burung gereja dalam jumlah banyak akan menimbulkan suara berisik, ternyata suara burung gereja tarung atau kawin menjadi masteran yang sangat bagus untuk burung pengicau. 

Tidak hanya untuk pemaster, ternyata burung gereja yang dipelihara dari anakan atau lolohan dapat diajari berkicau burung lain, sehingga penampakan burung gereja namun bisa berkicau suara burung lain. Namun suara yang diajarkan tentunya adalah suara-suara yang sesuai dengan jenis pita suaranya, berdasarkan pengamatan Kissawa beberapa jenis burung pemakan biji-bijian dan serangga dapat ditirukan oleh burung gereja.

Jika anda sedang memelihara burung gereja anakan/lolohan, cobalah setiap hari diperdengarkan suara burung Blackthroat atau kenari yang ngerool dan nembaknya rapat, karena suara jenis burung ini sangat cocok untuk burung gereja.

Selain BT dan kenari, suara burung prenjak juga bisa menjadi masteran yang mudah ditirukan oleh burung gereja. Namun dalam memasteri burung gereja, kita harus cermat, yaitu menggunakan teknik 1 atau dua suara yang diperdengarkan secara bergantian. Memori otak burung ini sangat kecil, sehingga kemampuan merekam dan menirukan suara burung tidak sehebat burung Cendet atau Cucak Hijau.

Melihat bentuk kepala yang mungil itu, maka burung ini hanya dapat diajari dua lagu suara burung, itu pun hanya dapat dilakukan bila burung dipelihara dari anakan. Jangan mempertemukan anakan burung gereja dengan burger liar, dan jangan berharap burger tua akan bisa jinak dan menirukan apa yang kita ajarkan.

Kesimpulan :
Memaster Burung Gereja hanya dapat dilakukan pada burung gereja yang jinak dan dipelihara dari anakan/lolohan, hanya ada 2 atau 3 lagu yang bisa dikuasai oleh burung gereja karena burung ini hanya memiliki kepala dengan otak yang kecil. Selain itu kita juga harus cermat dalam memilih lagu yang tepat dan sesuai dengan pita suara burung ini.

0 Response to "Memaster Burung Gereja"

Post a Comment

STTB