Perhatikan 3 hal ini ketika memilih burung bahan tangkapan hutan


Supaya mendapatkan hasil yang memuaskan dan tidak mengecewakan, memilih burung bakalan tangkapan hutan memang harus benar-benar jeli dan jangan sampai salah pilih.
Burung bahan hasil tangkapan hutan selain usia burung rata-rata sudah berumur, biasanya burung juga cenderung lebih giras dan agak sulit dijinakkan.

Penghobi sedang memilih Pleci ombyokan
Tetapi membeli burung bahan tangkapan hutan memang memberi nilai lebih tersendiri yaitu, harga burung yang cenderung lebih murah dibandingkan burung jadi atau burung hasil tangkaran. Salah satu resiko yang sering dialami ketika membeli burung bahan tangkapan hutan biasanya proses burung mulai mau bunyi agak lama dan perlu waktu dalam penyesuaian di lingkungan barunya.

Penghobi biasanya melakukan perawatan khusus pada burung bahan dari tangkapan hutan, tujuan dari perawatan khusus tersebut untuk meredam stress pada burung, dan juga memperkenalkan lingkungan sangkar pada burung baru tersebut.

Tetapi, jika Anda ingin membeli burung bakalan tangkapan hutan yang mudah bunyi dan mudah juga dijinakkan, ada trik-trik khusus dari penghobi yang suka berburu burung bakalan. Menurut mereka, ada 3 hal yang perlu diperhatikan ketika memilih burung bakalan agar tidak kecewa. Berikut ini tiga hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Memilih burung yang sering bunyi, burung bahan yang sering bunyi kios burung biasanya cenderung memiliki mental yang lebih baik dan keberanian diatas rata-rata dari burung sejenis lainnya. Burung dengan karakter ini akan mudah beradaptasi dan mudah bunyi, meskipun baru saja dimasukan ke dalam sangkar sekalipun.
  • Nafsu makan tinggi, burung yang memiliki nafsu makan tinggi biasanya mudah ditundukkan untuk dijinakkan dengan terapi makanan.  Saya pernah menjinakkan burung Sirpu tangkapan hutan, meski masih giras tapi ketika tangan dimasukkan sambil mengacungkan UH atau Kroto, burung dengan senang akan menyambar pakan tersebut.
  • Mental, terlepas dari dua hal tersebut, mental burung adalah yang utama. Burung bakalan yang mentalnya baik dan berani, biasanya akan sangat mudah dan cepat bunyi, dan juga mudah dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Namun sayangnya, para pemburu burung hutan biasanya akan mensortir terlebih dahulu burung-burung yang bermental baik dan memiliki kemampuan lebih sebelum menyetorkannya ke kios-kios penjual burung. 

Jadi membeli burung tangkapan hutan, akan lebih baik jika Anda membelinya langsung ke penangkap burung tersebut, biasanya akan dipilihkan yang bagus. 

0 Response to "Perhatikan 3 hal ini ketika memilih burung bahan tangkapan hutan"

Post a Comment

STTB