Perawatan murai mabung tumbuh ekor


Tips burung - Salah satu daya tarik dan eksotisme dari Burung Murai batu adalah ekornya yang panjang menjuntai, apalagi jika sedang bertarung maka ekor Murai batu akan dilecut-lecutkan naik turun sehingga menjadi daya tarik tersendiri yang menyaksikannya.
Namun apa jadinya jika burung dalam proses mabung yang hampir selesai dan ekornya sedang mulai tumbuh, tentunya harus dilakukan perawatan khusus sehingga proses pertumbuhan ekornya tidak terhambat dan tumbuh sempurna.

Murai dorong ekor
Untuk itu kita perlu melakukan perawatan dan penanganan khusus pada burung Murai batu yang sedang proses tumbuh ekornya, atau istilah dalam kicau mania sedang dorong ekor. Berikut ini cara dan tips merawat Murai yang sedang proses tumbuh ekor.

Memang proses mabung berlangsung cukup memakan waktu dan dibutuhkan kesabaran merawatnya sehingga bulu-bulu burung Murai bisa tumbuh sempurna dan bagus terutama bagian ekornya. Jangan sampai ekor Murai tumbuh hanya sedikit atau pendek saja karena gangguan pada saat proses tumbuh ekor tersebut, berikut ini tips perawatannya.

Perawatan burung Murai batu sedang tumbuh ekor.


  • Berikat jangkrik 4-5 ekor setiap hari pada pagi dan sore hari.
  • Untuk kroto lebih baik diberikan 2x saja dalam seminggu sebanyak 1 cepuk pakan tempat kroto.
  • Mandikan burung dalam sangkar saja menggunakan cepuk air yang besar.
  • Penjemuran bisa dihentikan sementara atau bisa juga dilakukan sesekali penjemuran dengan waktu sekitar 10-15 menit saja.
  • Kerodong sangkar full selama masa dorong ekor, dan yang perlu diperhatikan adalah pakan jangan sampai kehabisan karena dikerodong.
  • Ada yang mengatakan jika masa mabung adalah masa efektif pemasteran, jadi pada saat dorong ekor dan sangkar dalam keadaan dikerodong, burung bisa diisi dengan materi masteran laguan baru.


0 Response to "Perawatan murai mabung tumbuh ekor"

Post a Comment

STTB