Cara dan manfaat memandikan burung malam hari


Tips burung - Salah satu perawatan yang dilakukan pada burung kicauan sebelum naik lomba adalah memandikan burung pada malam hari, hal tersebut sering dilakukan oleh Kicau mania sebelum membawa menurunkan burung di arena kontes esok harinya atau beberapa hari sebelumnya. 

Cara memandikan burung malam hari juga bisa dilakukan dengan berbagai cara, semisal dengan menyemprot menggunakan semprotan air atau membiarkan burung mandi sendiri pada keramba/bak mandi burung.
Burung mandi, sumber mata puteh.
Mandi malam untuk burung kicauan sebelum dilombakan dipercaya memiliki banyak manfaat dan kegunaan bagi burung ketika di atas gantangan lomba, untuk lebih jelas dan detailnya Sobat KM dapat menyimak ulasan di bawah ini tentang manfaat dan cara memandikan burung di malam hari yang baik dan aman tentunya.

Manfaat memandikan burung malam hari.


  • Bisa meningkatkan mental burung.
  • Bisa membantu proses penjinakkan burung bakalan yang giras.
  • Menurunkan dan mengatasi Over Birahi pada burung.
  • Ada juga yang beranggapan bahwa mandi malam juga membantu merangsang burung lebih rajin bunyi.

Setelah menyimak penjelasan di atas tentu jadi ngerti kegunaan memandikan burung pada malam hari.  Setelah mengetahui manfaatnya, tentu kita juga perlu tahu juga cara memandikan burung pada malam hari supaya hasilnya bisa maksimal dan tidak justru menjadikan burung justru drop atau sakit karena situasi dan keadaan burung yang kurang tepat waktu dimandikan pada malam hari.

Cara memandikan burung pada malam hari.


  • Jangan mandikan burung pada malam hari jika burung dalam kondisi  sedang sakit, jika dipaksakan justru mengakibatkan burung semakin sakit.
  • Waktu memandikan burung malam hari dapat Sobat lakukan pada pukul 19:30 s/d 20:30 saja, lewat dari pukul 20:30 sebaiknya jangan dilakukan karena sudah terlalu malam dan biarkan burung beristirahat dengan nyaman.
  • Lakukan mandi malam di ruangan tertutup dengan lampu terang dan hangat, jangan memandikan burung malam hari di tempat yang terbuka dan terkena angin langsung.
  • Selesai mandi malam, burung bisa dianginkan di tempat yang hangat sambil diberikan kroto, jangkrik atau ulat hongkong menurut setelan dan porsi burung.
  • Setelah bulu terlihat kering, sangkar dapat kembali dikerodong dan biarkan burung beristirahat kembali sampai esok paginya.

Mandi malam tidak bisa diterapkan pada semua burung. Hanya burung tertentu saja yang bisa dimandikan pada malam hari seperti burung Lovebird, Pleci, Kacer, Murai batu, Pendet dan burung kicau lainnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara dan manfaat memandikan burung malam hari"

Post a Comment

STTB