Cara Memilih Burung Cendet Untuk Lomba

Hampir disemua ajang Latber dan LatPres lomba burung selalu membuka kelas Burung Cendet sebagai partai yang paling ramai karena hampir semua kalangan dapat memiliki dan memelihara burung predator cerdas ini. Seorang hobies pemula bertanya kepada senior, gimana ya cara memilih burung yang baik untuk lomba? tentu saja ini pertanyaan yang sederhana namun jawabannya sangatlah kompleks. Bagi sahabat Kissawa yang ingin tahu lebih dalam tentang Cendet Yang Baik, berikut ini saya ingin berbagi catatan semoga saja bermanfaat bagi Cendet Mania.

Burung Cendet
Dalam memilih burung cendet untuk lomba tentu saja kita harus memperhatikan beberapa hal yang disukai oleh juri lomba dan yang disukai oleh pecinta burung pada umumnya. Beberapa kriteria burung yang baik dan bisa jadikan acuan sebagai burung yang baik untuk lomba misalnya :
  • Burung sehat jasmani dan psikisnya, dalam artian secara fisik burung tampak sempurna, bulu yang halus dan lengkap, kaki dan jemari yang sehat dan sempurna. Sementara dari segi mental, burung sudah termasuk burung yang jinak dan tidak takut lagi dengan lingkungan termasuk manusia yang memeliharanya.
  • Memiliki Materi Lagu yang sempurna, Standarisasi isian atau materi lagu memanglah tidak ada, namun kita bisa mengetahuinya setelah mengikuti berbagai event lomba dan menanyakan pada para Cendet Mania. sebagai contoh, masteran atau isian yang baik untuk cendet adalah : Suara Greja tarung, suara belalang, suara tengkek buto, suara kekean lovebird.
  • Kicauan Ngeroll dan Kristal, istilah ngeroll dengan baik merupakan istilah yang digunakan untuk burung cendet yang bisa berkicau dengan beberapa materi yang diulang-ulang. Sedangkan suara kristal adalah suara yang jelas dalam melantunkan setiap materi lagu yang dikuasainya.
  • Volume keras dan berirama, Perpaduan suara yang keras dan irama yang serasi dan merdu merupakan perpaduan yang sangat istimewa. Suara yang keras sangat berguna agar lawan-lawan takut dan suara bisa di dengar dengan juri saat lomba, irama yang serasi dan merdu agar kicauannya benar-benar menjadi hiburan yang menyenangkan.
  • Penampilan yang oke, penampilan burung yang baik adalah secara fisik burung tampak proposional, yaitu dari paruh sampai kaki tampak sempurna, jika berdiri tampak tegap, sayap saling mengapit dipunggung, ekor yang panjang dan terawat, kaki yang kokoh saat bertengger, mata yang bening dan paruh yang tajam.

Saya rasa itulah materi atau kriteria dari burung cendet yang baik untuk lomba, bila anda sedang mencari burung untuk lomba mungkin bisa mempertimbangkan hal-hal tersebut. Secara tak sengaja mungkin anda menemui ciri-ciri tersebut pada burung cendet yang ada disekitarmu, mungkin anda bisa menanyakan barangkali dijual.  he he he...

0 Response to "Cara Memilih Burung Cendet Untuk Lomba"

Post a Comment

STTB