Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama Agar Cepat Tuntas

Perawatan Jalak Suren Mabung- Jalak suren adalah salah satu jenis jalak yang populer diantara jenis jalak lainnya. Bukan hanya itu, harga jualnya pun lebih tinggi dari jalak yang lain.He,he..Biasanya yang sedang merawat jalak suren apalagi pertama kali memelihara sering menanyakan jalak suren mabung pertama umur berapa bulan? umur jalak suren mulai bunyi berapa bulan?. Berapa lama jalak suren mabung? Kenapa Jalak suren mabung jadi macet bunyi? Dsb., Nah untuk membantu anda dalam perawatan Jalak Suren saat mabung maka pada kesempatan kali ini saya akan berikan sedikit info tentang Cara Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama Agar Cepat Tuntas.

Perawatan burung pada saat mabung yaitu menjadi perihal yang amat perlu, lantaran seandainya perawatan yang salah pada saat ini dapat bikin burung jadi rusak. Mabung (moulting) atau rontok bulu adalah siklus alamiah pada keluarga burung. Proses pergantian bulu atau yang dikenal dengan istilah mabung tersebut membutuhkan perhatian khusus dari pemiliknya. Baik itu perawatan, pemberian makanan dan vitamin yang dibutuhkan... Karena pada saat mabung ini, metabolisme tubuh burung meningkat nyaris 40% dari keadaan normal. oleh sebab itu, burung perlu konsumsi nutrisi yang berkualitas bagus dengan porsi lebih besar dari keadaan biasanya. Simak Pakan Buat Jalak Suren Mabung.

Ciri-ciri Burung Mabung Burung mabung biasanya ditandai dengan rontoknya bulu bulu dalam jumlah yang sedikit atau banyak. Bulu-bulu tersebut kemudian akan digantikan dengan bulu baru yang lebih bagus. Umumnya burung saat masuk masa mabung (moulting) burung akan banyak berdiam diri karena banyak mengumpulkan energi untuk membangun bulu-bulu barunya itu, dan pergantian bulu yang pertama biasanya akan terjadi pada saat burung berusia remaja atau pada saat burung tersebut menginjak usia dewasa. Jika perawatan masa mabung salah maka mabungnya akan terganggu dan mengakibtakan efek negatif seperti: Masa mabungnya tidak tuntas-tuntas, Masa mabung gagal atau macet, bulu baru yang muncul ketika mabung tidak tumbuh dengan sempurna seperti kering, keriting dan mudah rusak. Untuk lebih lengkapnya mengenai perawatan jalak suren mabung kita bahas dibawah ini.


http://miefbird.blogspot.com/2017/03/perawatan-jalak-suren-mabung-pertama.html
Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama Agar Cepat Tuntas


Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama Agar Cepat Tuntas



Ciri-ciri jalak suren mabung yaitu terdapat bulu-bulu halus berjatuhan ditubuhnya, burung menjadi lebih banyak diam (kurang aktif), burung juga macet bunyi (malas bunyi), bulu-bulu sudah kusam dan nyerit (bercabang). Untuk merawat jalak suren yang mabung bisa dilakukan dengan pola rawatan berikut.

Pisahkan jalak suren ditempat sepi dan tenang. Usahakan agar tidak melihat burung sejenis dan tidak mendengar suara kicaunya. Ini akan membantu agar jalak tidak menghabiskan energinya dan agar tidak terlalu banyak berkicau. Karena burung jalak membutuhkan energi yang cukup besar untuk proses mabung.

Sering-seringlah full kerondong jalak suren, semprot sedikit untuk melembabkan Lebih baik stop terlebih dahulu mandinya sampai bulu jarum terlihat. Ada juga yang dimandikan seminggu sekali, bebas pilih mau yang mana. Tapi memandikan kadang bisa membuat bulu alot susah copot.

Berikan EF lebih banyak jangkrik 5-8 ekor pagi dan 5 ekor sore, kroto
1 sendok makan setiap pagi.

Lakukan pemasteran saat bulu jarum mulai tumbuh. Saat-saat mabung adalah
saat-saat terbaik bagi burung kicau untuk dimaster buka.

Lebih baik stop terlebih dahulu jemurnya sampai bulu jarum terlihat. Ada juga yang menjemur 10 sampai 30 menit perhari, silahkan bebas pilih. Tapi menjemur kadang bisa membuat bulu alot susah copot.

Ganti voer dan atau beri racikan pakan untuk mabung agar bulu lebih cepat copot. Campur voer dengan susu bubuk putih agar cepat ambrol. Bebas pilih merk apa saja, tapi setelah bulu ambrol maka hentikan pemberian. Baca: Makanan Sehat Jalak suren.

Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama Agar Cepat Tuntas Diatas merupakan adalah perawatan jalak suren mabung secara umum, silahkan di variasi sesuai dengan kebiasaan dan karakter burungnya masing-masing, agar hasilnya lebih maksimal. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama Agar Cepat Tuntas"

Post a Comment

STTB