Cara Melatih Mental Kacer Bakalan Untuk Lomba Agar Jadi Petarung

Melatih Kacer- Tips Cara Melatih Mental Kacer Bakalan/ Muda/ Anakan untuk Lomba Agar Jadi Petarung.Burung kacer merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki suara kicauan yang lantang/keras dan indah. Selain itu, kacer adalah jenis burung Petarung fighter sehingga jika ada burung lain baik sejenis maupun jenis lain, maka kacer akan berusaha menandinginya dengan cara berkicau. Namun apabila Burung Kacer tidak berkicau bisa dikatakan tidak memiliki mental, atau mendengar nada kacer yang lain, dia segera meningkatkan bulu–bulu badannya yang di kenal dengan arti Mbagong. Maka oleh karena itu burung tersebut dalam masalah. Agar kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti burung enggan berkicau karena giras atau karena burung tidak terbiasa dengan keramaian tidak terjadi, ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk melatih atau menaikkan mentalnya.

Melatih mental burung ini sebenarnya harus dimulai sejak kecil atau bakalan, dan memanglah memerlukan kesabaran, waktu panjang, perjuangan, serta usaha keras yang memiliki atau perawatnya. Tetapi seluruhnya usaha itu bakal terbalas bila burung tunjukkan sinyal tanda mulai rajin bunyi, jinak, bahkan juga ingin dilombakan. Sesungguhnya, di sinilah esensi sejati dari pemelihara burung. Ada kenikmatan berdasar hasil jerih payah kita sendiri. Bukanlah beli jerih payah orang lain, dengan harga mahal, supaya burung itu dapat berprestasi di lapangan. Adapun tips Melatih Mental Kacer bakalan anda memiliki mental juara adalah sebagai berikut:

http://miefbird.blogspot.com/2017/03/cara-melatih-mental-kacer-bakalan-untuk.html
Cara Melatih Mental Kacer Bakalan Agar Jadi Petarung

Cara Melatih Mental Kacer Bakalan Agar Jadi Petarung



1. Pola Perawatan Harian Bakalan Kacer
Perawatan harian di sini meliputi kebersihan sangkar, mutu pakan yg bagus, pemberian multivitamin biar masihlah fit, tak terlambat berikan pakan dan minum, juga pemberian ekstra food (EF). EF yg dapat kamu berikan terhadap kacer antara lain ulat hongkong, jangkrik, belalang, dan sebagainya. Dengan perawatan bakalan kacer yang baik, InsyaAlloh mental kacer pula dapat jadi tambah baik dan bagus. Lantaran burung kacer tak bisa berkicau jika tidak ada dalam keadaan sehat dan fit. Simak juga Pakan Kacer Harian .

2. Penggantangan Bakalan Kacer
Nah utk menciptakan mental bakalan kacer agar semakin bagus dan kuat, sehingga penggantangan yg pas pula harus digunakan. Saran kami yakni, gantangkan kacer di ruangan yg ramai. Kenapa begitu? Sebab menggantang bakalan kacer di ruangan yg ramai dapat menciptakan kacer terbiasa dgn gerakan manusia dan juga sebagai proses adaptasi buat mencetak mental yg bagus dan kuat. Utk tempatnya, usahakan berbeda beda biar tak monoton. Bila bakalan kacer telah kelihatan anteng (tak terbang-terbang/loncat-loncat) sehingga itu pertanda kacer kamu telah memiliki mental yg lumayan bagus. Proses ini harus kamu laksanakan sampai bakalan kacer sudah mau berbunyi meski ditaruh di ruang yang ramai.

3. Penempatan Wadah Pakan dan Minum Juga Tenggeran
Selama melatih, sebaiknya wadah pakan atau air minum tidak diganti-ganti, bahkan posisinya pun jangan diubah-ubah. Sebab bakalan kacer tetap dalam suasana adaptasi dan pembentukan mental maka kita mesti sanggup menciptakan suasana senyaman mungkin. Tenggeran terpasang kuat pada jeruji sangkar, atau tak mudah goyah. Selain itu, tenggeran harus nyaman dalam cengkeraman jari-jari kakinya. Tenggeran yang sering goyang akan membuat burung merasa tidak nyaman dalam sangkar. Pilihlah tenggeran yg cocok bersama ukuran kaki kacer biar nyaman.

4. Sering diajak Jalan-Jalan ke Tempat Perlombaan
Anda juga bisa membawa kacer bakalan ke lokasi latber / lomba, meski tidak ikut lomba. Burung cukup digantang dari kejauhan, sehingga terbiasa dengan hingar-bingar suara kicauan, apalagi disertai riuhnya teriakan pemilik atau joki burung yang berlomba. Gantangkan bakalan kacer kamu di kejauhan (jangan sampai terlampaui dekat). Tujuannya untuk membiasakan burung dengan kondisi ramai, sehingga secara pelan tapi pasti mentalnya makin terasah. Burung  pun menjadi lebih berani berkicau, meski di sekitarnya banyak orang atau suara burung sejenis yang kencang.

5. Melatih Kacer dengan 2-3 Burung Sejenis
Untuk meningkatkan mentalnya, sesekali kacer Anda bisa dilatih dengan 2-3 ekor burung sejenis, dan diusahakan umurnya hampir sepadan. Ini untuk menumbuhkan sifat fighter yang selalu muncul di alam liar, tetapi seringkali tersembunyi dalam pemeliharaan manusia. Yang perlu diingat, latihan atau gathering / ngetrek ini hanya boleh dilakukan jika burung dalam kondisi fit. Jika kurang fit tetap ditrek, kacer mudah sekali mbagong. Sebab di sini kita sedang melatih mentalnya, sama sekali tak mempersoalkan dulu soal performa suaranya. Sebaiknya lihat dan baca Cara Membuat Suara Kacer Ngeplong Keras dengan Cepat.

Sebenarnya masih ada satu cara lagi yang dilakukan sebagian kacermania, yaitu memanfaatkan burung sejenis untuk unthulan. Burung yang kerap dikorbankan adalah kacer dengan mental jelek, atau berukuran lebih kecil, dan ditarungkan secara fisik dengan kacer yang sedang diorbitkan. Namun dengan berbagai pertimbangan, kami sangat tidak menganjurkan cara-cara sadis seperti itu. Hobi burung harus dilakukan secara bermartabat.

Mengadu burung secara fisik jelas bukan cara yang baik dan bermartabat, apapun alasannya, termasuk melatih mentalnya. Kan masih banyak cara lain untuk melatih mentalnya. Toh banyak kacer jawara yang tidak menjalani  pelatihan sadis seperti itu. Jadi, meski dunia hobi, logika dan nurani perlu dipakai.

0 Response to "Cara Melatih Mental Kacer Bakalan Untuk Lomba Agar Jadi Petarung"

Post a Comment

STTB