Mengkerek sangkar melatih Pleci bersuara keras

Problem-problem burung Pleci yang suaranya kurang keras rupanya sering muncul dalam setiap diskusi antara penyuka burung kacamata tersebut. Biasanya keluhan yang sering muncul yaitu : Pleci suaranya kurang tembus, Pleci jagoannya volumenya kurang sewaktu ngalas atau burung Pleci sudah buka paruh tapi suara masih kurang keras.


Memang problem tersebut sering ditanyakan dan rata-rata Pleci mania mengatakan bahwa pemberian pakan dan juga perawatan sudah maksimal, namun burung tetap bervolume kuras cetar katanya.

Coba dilatih dengan cara di bawah ini, supaya Pleci bisa bersuara keras.


Kerekan Pleci, foto diambil dari grup Pleci 220 Volt
Mari sebelum melangkah lebih jauh, kita pahami karakter burung Pleci yang merupakan jenis burung koloni dalam mencari makan di alam liar. 

Biasanya Pleci akan bersuara lantang ketika burung terpisah dari koloninya dan juga kebiasaan Pleci yang memanggil koloninya dengan cara bertengger di atas dahan yang tinggi.

Hal tersebut biasanya akan dilakukan oleh pemimpin koloni dalam upaya mencari koloninya yang terpisah atau, burung sedang menunjukkan eksistensinya pada koloninya tersebut.


Membuat kerekan sangkar, untuk melatih Pleci !

Perilaku Pleci yang bersuara lantang ketika memanggil atau mencari koloninya tersebut dapat Sobat coba terapkan di rumah dengan cara membuat kerekan sangkar di atas “ketinggian” untuk memancing/merangsang Pleci bersuara keras mencari teman-teman koloninya.

Metode mengkerek Pleci di kerekan untuk melatih burung agar bersuara lantang cukup banyak diterapkan oleh Pleci mania, biasanya sebelum burung dikerek, sebelumnya birahi burung sudah terlebih dahulu dinaikkan.

Tujuan dari menaikkan birahi burung sebelum mengkerek sangkarnya agar burung bisa lebih ngotot berkicaunya ketika berada di atas, burung yang ngotot biasanya akan lebih terpancing bersuara lantang mencari burung betina atau koloninya.

Coba sobat Pleci mania terapkan cara tersebut di atas dalam 1-2 bulan, jika dalam rentang waktu tersebut burung belum menunjukkan hasil yang menggembirakan maka mungkin volume burung Pleci yang sobat latih tersebut memang sudah maksimal dan tidak bisa dinaikkan lagi. Semoga bermanfaat

STTB