Ciri- Ciri Kacer Yang Siap Tempur

Burung kacer merupakan jenis burung kicau yang banyak dijadikan sebagai salah satu burung kontes di nusantara ,ia memiliki kualitas suara kicauan yang baik dan indah. Apalagi saat burung ini bertemu dengan  lawannya. Saat itu ia akan benar-benar semangat dan berkicau dengan indahnya. Problem dan permasalahan pada burung kacer hitam atau kacer poci sewaktu dibawa pada perlombaan, yaitu burung menjadi mbagong atau orang Jawa biasa menyebutnya mbujung.

Menurut beberapa sumber dari sekian banyak perawat kacer berpendapat bahwa tak ada obat yang benar- benar pasti untuk menyembuhkan sifat bawaan kacer yang mbagong, Hal yang paling bisa dilakukan adalah meminimalisir hal tersebut bisa dilakukan, sehingga Anda tidak kecewa ketika membawa burung ke dalam perlombaan dan memastikan burung kacer sudah siap di bawa lomba.

http://miefbird.blogspot.com/2016/02/ciri-ciri-kacer-yang-siap-tempur.html
Ciri Kacer Siap Tempur

Untuk itu, Ciri kacer siap lomba kita harus ketahui dan bisa memahami kondisi burung tersebut, apakah sudah bisa dan siap dibawa pada sebuah perlombaan atau belum, untuk bisa melihatnya Anda bisa memperhatikan Ciri- Ciri Kacer Yang Siap Tempur dengan memperhatikan ciri di bawah ini :

1. Menurut beberapa sumber, burung Kacer yang sudah siap dilombakan biasanya burung sudah dalam kondisi dewasa mapan, dengan perhitungan sudah mengalami mabung sebanyak 3 kali.

2. Pastikan burung yang akan kita bawa dalam kondisi benar-benar fit dan sehat.

3. Memperhatikan jarak dari satu lomba ke lomba lainnya, artinya kita perlu mengatur tempo mengikutkan Kacer pada sebuah perlombaan, jangan terlalu sering dengan rentang waktu yang singkat sehingga bisa membuat burung lelah dan bosan.

Ciri secara fisik burung sudah siap ikut kontes.


1. Burung sudah mapan dan dewasa, terlihat dari kaki burung yang sudah kering dan putih nyisik.

2. Sayap tampak menurun kebawah, namun burung dalam kondisi sehat bukan sakit.

3. Tatapan Matanya tajam .

4. Paruh hitam mengkilap dan terlihat kuat.

5. Kotoran dari BAB burung terlihat kecil-kecil, kering dan padat.

6. Bulu terlihat bersih dan mengkilap tajam.

7. Burung rajin berbunyi ketika pagi hari diembunkan dan saat penjemuran.

Ciri- Ciri Kacer Yang Siap Tempur diatas juga menggambarkan jika burung dalam kondisi sehat, sehingga burung yang dibawa ke dalam kontes lomba harus dalam kondisi top performance karena dalam kondisi fit secara mental dan fisik akan mampu meminimalisir burung bersikap mbagong. Semoga bermanfaat. Sallam Kacermania!!

0 Response to "Ciri- Ciri Kacer Yang Siap Tempur"

Post a Comment

STTB