Perawatan kacer setelah selesai mabung

Perubahan burung Kacer setelah selesai mabung sering kali dikeluhkan oleh kacer mania, burung menjadi lebih pendiam dan jarang bunyi, padahal sebelum mabung burung rajin berbunyi.
Perihal perubahan perilaku burung yang lebih pendiam setelah selesai mabung merupakan hal yang umum dan sering kali terjadi pada Kacer.
kacer mabung
Kacer betina selesai mabung
Pada artikel ini, tips burung akan berbagi cara merawat Kacer setelah selesai mabung yang dikutip dari berbagai sumber yang cukup terpercaya dan ditulis ulang untuk Anda.

Burung menjadi pendiam setelah selesai mabung.

Merawat kacer mabung memang dibutuhkan perawatan yang tepat dan benar, sehingga burung tidak salah penanganan sampai dengan proses mabungnya benar-benar rampung.

Kita selaku pemilik dan perawat burung Kacer yang sedang mabung tentu harus benar-benar memperhatikan apakah proses mabung burung sudah selesai atau belum. Memaksakan burung untuk tetap berlomba meskipun mabungnya belum selesai merupakan sebuah kesalahan dan bisa mengakibatkan burung jadi enggan bunyi setelahnya atau bahkan bisa jadi drop.

Ketika burung dalam proses tumbuh bulu “menyelesaikan mabung” tentu membutuhkan banyak protein dan tenaga, sehingga memaksakan burung untuk turun lomba akan menambah banyak energi pada burung ketika berlomba yang akan bisa mengganggu proses dorong bulunya.

Kacer hanya diam ketika dibawa lomba.

Perawatan kacer yang salah ketika sedang mabung atau selesai mabung biasanya akan berakibat burung jadi kurang performa ketika berada di lapangan lomba.

Jika kebetulan Sobat KM menjumpai Kacer kesayangan Sobat dalam kondisi seperti di atas maka alangkah baiknya jika burung diliburkan dari berbagai kegiatan lomba burung untuk sementara waktu sampai stamina dan mental burung menjadi pulih kembali seperti sebelumnya.

Selain meliburkan dari lomba burung, kondisi Kacer seperti di atas juga perlu penanganan dan perawatankhusus supaya kondisinya bisa pulih seperti sebelum mabung. Anda bisa melakukan perawatan dengan cara sebagai berikut :
  1. Kondisikan burung dengan menggantangnya di tempat yang tenang atau bisa juga dengan mengkerodongnya.
  2. Perlu diberikan porsi tambahan untuk pakan berprotein tinggi seperti Kroto dan Jangkrik.
  3. Berikan tambahan berupa vitamin burung yang bisa Anda beli di kios-kios pakan burung.
  4. Selama masa pemulihan, burung bisa sambil dimaster untuk mengingatkan kembali suara-suara yang sempat tidak dilagukannya selama mabung.

0 Response to "Perawatan kacer setelah selesai mabung"

Post a Comment

STTB