Tips Menangkap Burung yang Lepas dari Kandang

Tips Menangkap Burung yang Lepas dari Kandang, pastinya bukan saya sendiri yang pernah mengalami hal seperti ini, saya rasa para kicau mania pun pernah mengalami masa-masa sulit pada saat burung kesayangan lepas dari kandang entah karena lupa menutup pintu kandang maupun disbebakan karena kandang terjatuh. saya sendiri sudah mengelami kejadian burung lepas dari sangkar sudah berulang kali mulai dari burung kacer, murai, kenari, maupun burung pleci, sirtu, akan tetapi untuk burung murai kacer dan kenari alhamdullilah bisa saya tangkap kembali dengan beberapa cara yang akan saya jelaskan di bawah, sedangkan untuk burun pleci dan sirtu harus saya relakan untuk pergi dari rumah sedih memang saat harus kehilangan burung yang sudah mulai berkicau.

nah kembali lagi topik utama mengenai cara menangkap kembali burung yang lepas dari kandang, yang pertama adalah menangkap burung murai yang lepas versi saya :

Contoh Menangkap Burung dengan pulut
ilustrasi menangkap burung pake pulut
sumber gambar : omkicau.com

lepas yang pertama : Burung Murai

 kebetulan burung  murai  saya adalah burung yang bertipe fighter yang dimana saat mendengar / melihat burung murai lainya otomatis buurng akan langsung naik darah  dan mencari sumber suara tersebut, nah dari situ saya coba meminjam burung murai milik tetangga saya untuk memancing burung murai yang lepas tadi agar tidak terbang jauh-jauh, dan di dekatnya saya taruh kandang yang kosong dan saya berikan banyak EF (Jangkrik) kedalam kandang tersebut, untuk memberi tauh pintu dimana agar burung bisa masuk saya berikan ranting di depan pintu masuknya, memang harus sabar menunggu agar burung mau masuk ke dalam kandang kosong tadi kira-kira butuh waktu sekitar 15 untuk bisa menangkap kembali burung murai tersebut

Lepas yang kedua : Burung kacer

tidak sama seprti saat menangkap burung murai batu yang lepas di atas, untuk menangkap burung kacer ini dibutuhkan kesabaran ekstra, psalnya selain saya tidak memiliki burung kacer lain burung kacer tersebut juga masih jinak-jinak lalat sehingga burung masih takut melihat greak-gerik manusia yang ingin menangkapnya, dan kebetulan burung kacer yang lepas ini lepas pada sore hari sekitar jam 4 sorea, saya sudah mencoba menaruh EF di kandang akan tetapi belum berhasil malah burung terbang menjauh, dan terpakasa dah saya mengikuti burung kacer tersebut sampai dimana titik burung tersebut akan tidur dan kebetulan lagi ada tetangga saya yang memiliki pulut, dengan sedikit kesabaran ahirnya pada malam harinya saya memulai operasi penangkapan kacer yang telah lepas dengan mengunakan pulut, dan alhamdulillah burung kacer tersbut bisa saya tangkap dan saya amankan kembali.

Lepas yang ke tiga : Burung Kenari

nah untuk menangkap burung kenari ini ga seperti cara menangkap burung kacer dan murai di atas, burung kenari milik saya ini kebetulan lebih mudah di tangkap di karenakan burng tersebut tidak bisa terbang dengan wajar, yang mungkin di karenakan terlalu lama di kandang mungkin yak, sehingga burung kenari tersebut tidak bisa terbang tinggi.

sedangkan untuk pleci dan sirtu yang saya miliki terpaksa dah saya iklaskan untuk terbang, yah mau bagimana lagi, untuk burung plecinya sudah saya coba dengan mengunakan burung pleci lain dan sekeliling kandannya udah saya kaksih ranting yang dilumuri pulut akan tetapi burung pleci nya ngaa mau mendekat dan lebih memilih terbang menjauh, ya sudah nga tertangkap dah pleci tersebut. oiiya satu lagi om, kalo bisa kurangi atau bahkan hilangkan menangkap burung dari alam liar kasiah sekarang di alam burung sudah nga sebanyak waktu saya kecil dulu :')

0 Response to "Tips Menangkap Burung yang Lepas dari Kandang"

Post a Comment

STTB