Cara Mengatasi Ayam Yang Suka Memakan Telur

Merubah cara beternak ayam kampung dengan cara intensif adalah sebuah cara terbaik untuk memaksimalkan produktifitas ayam kampung. Dengan cara ini pengontrolan penyakit dapat dilakukan lebih mudah dan produktifitasnya dapat kita maksimalkan, baik itu dari produksi telurnya maupun dari percepatan dalam menghasilkan keturunannya. Sehingga keuntungan maksimal bisa kita dapatkan dengan sistem pemeliharaan ini.

Intensifikasi peternakan pada ayam kampung seringkali menghadapi permasalahan pada sifat-sifat ayam kampung yang kurang menguntungkan, salah satunya adalah kanibalisme pada ayam kampung. Kanibalisme pada ayam kampung biasanya di sebabkan oleh adanya cekaman atau stress yang di alami oleh ayam kampung. Kanibalisme ini bermacam-macam bentuknya, ada yang menyerang teman satu kandang dan ada juga yang suka mencabuti bulu-bulu nya. 
Selain itu ada satu sifat kanibalisme ayam kampung  yang sangat merugikan, yaitu ayam kampung yang suka memakan telur.

Ayam kampung yang suka memakan telur biasanya disebabkan oleh kurangnya kandungan nutrisi pada ransum. Apabila kandungan nutrisi pada ransum kurang, maka secara naluri ayam kampung akan memenuhi kebutuhan nutrisi didalam tubuhnya dengan memakan telur.  Selain dikarenakan kurangnya kandungan nutrisi di dalam ransum, keterlambatan jadwal pemberian ransum juga dapat memacu ayam untuk memakan telurnya. Usahakan untuk selalu tepat waktu dalam memberi makan ayam, sehingga ayam tidak akan memakan telurnya demi mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya.

Pada kasus ayam kampung yang suka memakan telurnya, biasanya ayam betina lebih sering memakan telur dibanding ayam jantan. Jumlah kasus ayam jantan yang suka memakan telur lebih sedikit dibandingkan dengan ayam betina yang suka memakan telur.
Pemberian ransum dengan kandungan protein, energi, vitamin dan mineral yang bagus adalah cara untuk mengatasi ayam kampung yang suka memakan telur. 

Apabila perbaikan kandungan nutrisi pada ransum sudah dilakukan tetapi masih saja ada ayam yang memakan telur, kita bisa menambahkan mineral pada ransum sesuai dengan aturan yang ada pada kemasan. Mineral untuk campuran pada ransum ayam dapat kita beli pada toko-toko peternakan.
Penambahan mineral pada ransum adalah suatu cara yang efektif  untuk mengatasi sifat kanibalisme pada ayam kampung. Dan apabila setelah adanya penambahan mineral pada ransum ayam kampung tidak dapat mengatasi perilaku ayam kampung yang suka memakan telurnya, satu cara terakhir adalah dengan cara menjual atau memotong ayam itu untuk menjadi hidangan yang hangat di meja makan.

Semoga bermanfaat dan semoga sukses

STTB