Cara Memilih Mesin Tetas Yang Berkualitas

mesin tetas yang berkualitas
Mesin tetas wiraternak
Mesin tetas telur sangat membantu kita dalam menetaskan berbagai jenis telur. Dengan mesin tetas ini kita dapat dengan cepat meningkatkan populasi ternak kita karena indukan ternak tidak perlu mengerami telur-telurnya. Kecuali pada peternakan bebek dimana bebek tidak dapat mengerami telur-telurnya.

Mesin tetas bisa kita dapatkan dengan membeli mesin tetas yang sudah jadi atau dengan cara kita membuatnya sendiri. Membuat mesin tetas sebenarnya tidak terlalu sulit, bahkan kita dapat memanfaatkan material yang sudah tidak dipakai di gudang rumah kita. Sehingga biaya pembuatan akan semakin ringan. Sebelum kita menentukan mesin tetas seperti apa yang akan kita beli atau kita ciptakan, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis-jenis mesin tetas dalam dunia penetasan.

Berdasarkan dari perputaran udaranya mesin tetas di bagi menjadi dua jenis.

• Mesin tetas STILL AIR.
Mesin tetas Still Air adalah mesin tetas dimana sirkulasi udara panas di dalam mesin tetas tidak menggunakan kipas tetapi pergerakan panas berdasarkan perbedaan suhu suatu ruang. Sehingga sirkulasi udara panas di dalamnya hanya mengandalkan lubang ventilasi.

• Mesin tetas Forced Air
Mesin tetas jenis forced air adalah mesin tetas dengan menggunakan kipas sebagai alat bantu untuk meratakan panas yang di hasilkan oleh system pemanas yang ada di dalam mesin tetas. Dengan adanya kipas ini udara panas di dalam mesin tetas menyebar lebih merata.

Berdasarkan pemutaran telurnya mesin tetas di bagi menjadi tiga jenis.
 • Mesin tetas manual, 
mesin tetas semi otomatis dan mesin tetas otomatis. Mesin tetas manual adalah mesin tetas dengan cara kerja yang masih benar-benar manual, dimana pembalikan telurnya adalah dengan cara di balik satu persatu. Biasanya pada jenis mesin tetas ini masih menggunakan system still air.

Mesin tetas semi otomatis
Mesin tetas semi otomatis adalah mesin tetas dengan pembalikkan telurnya menggunakan rak yang dapat di ubah-ubah posisinya. Sehingga telur tidak perlu di balik satu persatu, tetapi tinggal menggerakkan rak telur ke atas atau ke bawah untuk mendapatkan sudut 45 derajat. Pada mesin tetas ini ada yang sudah menggunakan system forced air dan ada juga yang masih menggunakan system still air

• Mesin tetas otomatis
Mesin tetas Otomatis adalah mesin tetas dimana pembalikkan telur dengan menggunakan motor penggerak dan timer yang akan mengatur waktu pemutaran. Sehingga pembalikkan telur tidak perlu lagi kita lakukan karena sudah dilakukan oleh mesin itu sendiri. Pada mesin tetas otomatis, system sirkulasi udara sudah menggunakan system forced air.

Setiap jenis mesin tetas mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kelebihan dan kekurangan ini bisa kita jadikan pertimbangan sebelum kita memutuskan untuk membeli jenis mesin tersebut.

Mesin tetas manual
Kelebihan mesin tetas manual dengan system still air biasanya memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan mesin tetas forced air. Selain itu mesin tetas manual hanya terdiri dari beberapa bagian atau beberapa komponen yang mudah didapatkan apabila terjadi kerusakan. Biasanya kerusakan yang sering terjadi adalah putusnya lampu pemanas dan rusaknya micro switch pada thermostat. Dan komponen-komponen ini mudah kita dapatkan dan mudah dalam penggantiannya.
Kelemahannya adalah pemutarannya masih manual satu persatu. Apabila jumlah telur yang kita tetaskan kurang dari seribu butir telur, ada baiknya kita menggunakan mesin tetas dengan jenis manual ini, disamping harganya lebih murah, komponennya juga mudah di dapatkan.

Mesin tetas otomatis. 
Kelebihan mesin tetas otomatis ini adalah pemutaran telur benar-benar sudah otomatis dengan menggunakan motor penggerak dan timer untuk mengatur jadwal pemutaran. Kekurangan dari mesin tetas ini adalah harganya yang masih mahal dan komponennya tidak mudah di dapatkan apabila terjadi kerusakan mengingat didalam mesin tetas ini ada beberapa komponen yang bergerak seperti kipas dan motor listrik.

Apabila telur yang kita tetaskan sedikit, ada baiknya kita membeli atau membuat mesin tetas sendiri dengan tipe mesin tetas manual. Dan apabila peternakan kita adalah peternakan yang menghasilkan telur tetas sebanyak ribuan setiap minggunya, ada baiknya kita menggunakan mesin tetas full otomatis atau mesin tetas semi otomatis sehingga akan memperingan pekerjaan selama proses penetasan telur.

Semoga Bermanfaat dan semoga sukses.

0 Response to "Cara Memilih Mesin Tetas Yang Berkualitas"

Post a Comment

STTB